Pengertian Silinder Kerja Ganda (Double Acting Cylinder)

Pengertian Silinder Kerja Ganda (Double Acting Cylinder)  -  Aktuator merupakan istilah umum yang diaplikasiakan untuk komponen Output sistem pneumatik maupun hidrolik. aktuator ini terdiri dari dua jenis  yaitu : 
  • Linier Aktuator, Menghasilkan tenaga gerakan lurus pada aktuator.
  • Rotary Aktuator, yang menghasilkan tenaga putaran atau gerakan berputar pada aktuator.

Silinder Pneumatik maupun Hidrolik  merupakan tipe linier aktuator yang umum digunakan pada industri-industri kontrol. Lalu jenis-jenis dari linier aktuator tidak hanya silinder kerja ganda atau biasa disebut Double Acting Cylinder, ada juga silinder kerja tunggal yang memiliki 1 buah lubang aktutor sebagai penyaluran input power pada silinder tersebut.

Untuk pergerakan rotary pada (Rotary Aktutor) bisa di aplikasikan contoh pergerakannya pada tenaga sistem hidrolik, pada dasarnya dibangkitkan dari gerakan berputar yang berasal dari engine, lalu dirubah menjadi tenaga fluida oleh mesin pompa. Fluida diarahkan melalui sistem tertentu menuju aktuator dimana akan dirubah kembali menjadi tenaga mekanis putaran melalui motor atau dirubah lagi menjadi gerakan linear dari silinder.

Konstruksi Double Acting Cylinder (silinder Kerja Ganda)

Gambar di atas merupakan kontruksi dari Double Acting Cylinder, terdapat beberapa part yang bisa di bedakan dari silinder kerja tunggal. Pada silinder ini terdapat pegas atau Spring sebagai pengembali pada batang piston. Sedangkan silinder kerja ganda tidak memiliki pegas pengembali, melainkan memiliki inputan untuk mengembalikan silinder ke posisi awal. Untuk memahami lebih lanjut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Pengertian Silinder Kerja Ganda (Souble Acting Cylinder)
silinder kerja ganda (Double Acting Cylinder), merupakan silinder yang mempunyai dua port input dan output Silinder jenis ini menggunakan kekuatan udara bertekanan untuk mendorong piston keluar dan mendorong piston untuk masuk ke posisi awal (menarik kedalam). Jika anda masih belum mengetahui bentuk dari silinder kerja ganda (Double acting Cylinder) bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Mungkin cukup sekian pembahasan dari saya, jika ada salah kata mohon di maafkan. Semoga ilmu yang di sampaikan kepada kalian bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

***
Tag : Pneumatic
1 Komentar untuk "Pengertian Silinder Kerja Ganda (Double Acting Cylinder)"

Saya suka dengan cara penulisannya, mudah di baca dan di pahami

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top