Pengertian, Cara Kerja Two Pressure Valves atau Katup AND Pada Pneumatik


Pengertian, Cara Kerja Two Pressure Valves  atau Katup AND Pada Pneumatik - Sistem Pneumatik dalam dunia industri manufaktur merupakan awal dari semua proses mekanik atau manipulasi gerakan yang menggunakan tenaga udara kempa (Udara bertekanan). Dalam sistem pneumatik udara kempa akan memindahkan suatu gaya atau gerakan. Sistem pneumatik meliputi semua komponen mesin atau peralatan, yang beroperasi secara pneumatik atau menggunakan proses-proses pneumatik (proses udara bertekanan). Udara bertekanan dalam peranannya sebagai unsur penggerak merupakan bagian utama yang harus mendapatkan perhatian lebih banyak. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai katup AND atau biasa juga disebut dengan Two Pressure valves. Pada Gambar dibawah ini merupakan simbol dari komponen tersebut dan bentuk fisiknya.


Simbol Two Pressure Valve

Katup AND / Two Pressure Valves
Elemen-elemen pada 3 saluran penghubung yang mempunyai sifat satu arah dapat dipasang sebagai elemen penghubung sesuai arah aliran udara. Dua katup yang ditandai sebagai elemen penghubung mempunyai karakteristik sebagai logika yang ditentukan melalui dua sinyal masukan (input) dan satu keluaran (output). Salah satu katup yang membutuhkan dua sinyal masukan untuk menghasilkan sinyal keluaran yaitu katup dua tekanan (Two Pressure Valves) atau bisa juga disebut dalam bahasa indonesia yaitu  katup fungsi “DAN”.

Katup Fungsi “DAN” dengan input pada Y

Katup Fungsi “DAN” dengan input pada X dan Y

Udara bertekanan hanya mengalir jika ke dua lubang (input) masukan diberi sinyal. Satu sinyal masukan memblokir aliran. Jika sinyal diberikan ke dua sisi masukan ( X dan Y ), sinyal akan lewat ke luar. Jika sinyal masukan berbeda tekanannya, maka sinyal dengan tekanan yang lebih besar memblokir katup dan sinyal dengan tekanan yang lebih kecil yang mengalir ke luar sebagai sinyal keluaran. Katup dua tekanan pada umumnya digunakan untuk kontrol pengunci, kontrol pengaman, fungsi cek dan fungsi logika.

Cara Kerja dasar Rangkaian
Oke, langsung saja saya akan menjelaskan secara sederhana tentang katup AND atau Two pressure valve. Katup ini saya buat dalam suatu diagram rangkaian seperti pada gambar dibawha yang mana terdiri dari 1 buah komponen katup and (two pressure valve) lalu ada silinder kerja tunggal (Single Acting Cylinder), kemudian ada 2 buah katup 3/2 pengaktif tombol pembalik pegas, dan 1 buah katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas. 



Pada gambar di atas, ketika tombol 1S1 di tekan maka angin tidak bisa di supply ke katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas (Katup 1.1). Begitu juga sebaliknya jika katup 1S2 di aktufkan dan katup 1S1 tidak di aktifkan maka supply angin tidak bisa diberikan ke sumber pengontrol katup tersebut. Maka pada saat ke 2 tombol katup di aktifkan maka yang terjadi katup AND atau Two Pressure Valve akan aktif dan angin akan tersalurkan ke katup 3/2 pengaktif angin pemblaik pegas sehingga supply angin akan mendorong silinder kerja tunggal. Mungkin cara sederhananya seperti itu. bisa disimpulakan katup ini sebagai gerbang logika AND.



Mungkin cukup sekian pembahasan dari saya, Semoga ilmunya bermanfaat. Terimakasih.

***
Tag : Pneumatic
0 Komentar untuk "Pengertian, Cara Kerja Two Pressure Valves atau Katup AND Pada Pneumatik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top