Pengertian, Cara Kerja Quick Exhaust Valve atau Katup Buang Cepat Pneumatik


Pengertian, Cara Kerja Quick Exhaust Valve atau Katup Buang Cepat Pneumatik -  Sistem Pneumatik dalam dunia industri manufaktur merupakan awal dari semua proses mekanik atau manipulasi gerakan yang menggunakan tenaga udara kempa (Udara bertekanan). Dalam sistem pneumatik udara kempa akan memindahkan suatu gaya atau gerakan. Sistem pneumatik meliputi semua komponen mesin atau peralatan, yang beroperasi secara pneumatik atau menggunakan proses-proses pneumatik (proses udara bertekanan). Udara bertekanan dalam peranannya sebagai unsur penggerak merupakan bagian utama yang harus mendapatkan perhatian lebih banyak.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu komponen pneumatik yang berperan penting dalam dalam siklusnya, yaitu Quick Exhaust Valve atau biasa disebut dengan katup buang cepat. 

Katup buang cepat atau bisa dibilang Quick Exhaust Valve adalah komponen pure pneumatik yang berfungsi untuk membuang tekanan angin buang secara cepat tanpa melewati komponen lain untuk membang tekanan angin. Katup ini biasanya di letakan setelah pembuangan aktuator seperti Silinder kerja ganda (Double Acting Control) lalu ada juga silinder kerja tunggal dan masih banyak lagi pengaplikasian pada aktuator pneumatik.

Komponen ini memiliki 3 buah lubang, yaitu 1 sebagai inputan angin, 1 jalur lubang sebagai penyaluran udara setelah udara masuk dari inputan dan yang terakhir yaitu lubang pembuangan angin yang mana pada lubang ini terdapat kisi-kisi udara yang sangat rapat suapaya udara dari luar tidak masuk / debu-debu yang dapat merusak komponen. Untuk lebih paham mengenai komponen ini bisa dilihat pada gambar simbol dibawah ini.

Lanjut ke penjelasan selanjutnya tentang cara kerja dari Quick Exhaust Valve. Jika udara bertekanan mengalir dari jalur 1, maka udara bertekanan tersebut akan mendorong bola yang dapat menyumbat saluran pada nomer 3, sehingga udara yang dari jalur 1 tidak akan mengalir ke lubang keluaran pada nomer 3. Dan udara akan mengalir ke lubang nomer 2. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas merupakan contoh dari Qucik Exhaust Valve jika udara mengalir melalui jalur 1. Bisa dilihat pada gambar yang menunjukan bola akan menyumbat saluran angin pada pembuangan nomer 3. Sehingga udara tidak akan keluar melalui jalur 3, melainkan akan keluar melalui jalur 2.

Kemudian pada gambar ke dua menjelaskan tentang udara yang masuk melalui jalur 2 dan akan di buang melalui jalur 3. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Untuk pengenalan bentuk fisiknya saya mengambil sebuah sample fisik dari produk festo. Bisa dilihat pada penjelasannya di gambar tersebut.


Penjelasan di atas mungkin sudah cukup jelas ya gima cara kerja dari komponen ini (Quick Exhaust Valve). Seperti yang kita ketahui komponen ini akan membuang lebuh cepat dengan kisi-kisi pembuangan yang cukup lebar seperti pada gambar di atas "Jalur 3". Untuk melihat kisi-kisinya seperti apa bentuknya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Mungkin cukup sekian pembahasan pada kali ini mengenai Quick Exhaust valve. Jika ada salah kata mohon dimaafkan dan semoga ilmu yang di dapat bermanfaat. Terimakasih.

***
Tag : Pneumatic
2 Komentar untuk "Pengertian, Cara Kerja Quick Exhaust Valve atau Katup Buang Cepat Pneumatik"
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

mas izin ngabil buat bahan perkuliahan.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top