Pengertian, Cara Kerja Throttle Valves atau Katup Dua Arah Pneumatik


Pengertian, Cara Kerja Throttle Valves atau Katup Dua Arah Pneumatik - Sistem Pneumatik dalam dunia industri manufaktur merupakan awal dari semua proses mekanik atau manipulasi gerakan yang menggunakan tenaga udara kempa (Udara bertekanan). Dalam sistem pneumatik udara kempa akan memindahkan suatu gaya atau gerakan. Sistem pneumatik meliputi semua komponen mesin atau peralatan, yang beroperasi secara pneumatik atau menggunakan proses-proses pneumatik (proses udara bertekanan). Udara bertekanan dalam peranannya sebagai unsur penggerak merupakan bagian utama yang harus mendapatkan perhatian lebih banyak.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu komponen pneumatik yang berperan penting dalam siklusnya, yaitu Throttle Valve atau biasa disebut dengan katup cekik.  Tapi pada kesempatan kali ini ada 2 jenis tipikal dari katup tersebut dengan istilah yang berbeda-beda yaitu :
  1. Katup Cekik.
  2. Katup Kontrol Aliran Satu Arah.
Di antara keduanya apasih yang membedakan?. Jika dilihat dari simbolnya mungkin sudah terlihat beda. Perbedaan dari keduanya pada dasarnya tidak jauh berbeda, melainkan keduanya memiliki peranan yang sama yaitu menghambat pergerakan angin (udara bertekanan). Sebelum masuk ke pembahasan  Katup Cekik atau Throttle Valve anda harus tau terlebih dahulu apa itu Thottle Valve. Throttle Valve adalah komponen pneumatik yang fungsinya untuk memampatkan udara bertekanan supaya supply udaranya ke komponen lain menjadi lambat, sehingga pergerakan aktuator pada komponen bergerak secara lambat karena adanya pemampatan udara. Untuk lebih jelasnya mari kita pahami terlebih dahulu simbol komponennya.



Pada simbol komponen di atas terdapat 2 buah jalur yang mana masing masing fungsi bisa di alihkan, bisa saja jalur 1 menjadi input atau output atau jalur 2 yang memiliki peranan sama pada jalur 1. 

Lalu Pada cara kerja dari komponen ini (menggunakan teori dari simbol) yaitu pada saat angin masuk dari jalur 1 maka angin akan di mampatkan supaya tekana pada angin menjadi berkurang sebelum di salurkan ke aktuator atau komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Mungkin sudah cukup jelas mengenai simbol dari Throttle Valve, Selanjutnya yaitu bentuk fisik pada komponen tersbeut, pada tengah-tengah komponen terdapat sebuah keran (pengatur tekanan) untuk mengatur tekanan yang akan di mampatkan.



Jika di lihat dari dalamnya, proses mekanik gimana cara udara tersebut dimampatkan bisa dilihat dengan jelas pada gambar dibawah ini.

Mungkin sudah jelas pembahasan kali ini, pada dasarnya Throttle Valve berperan untuk menghambat tekanan angin saja. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

***
Tag : Pneumatic
0 Komentar untuk "Pengertian, Cara Kerja Throttle Valves atau Katup Dua Arah Pneumatik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top