Pengertian dan Fungsi Air Service Unit (Filter Regulator Lubricator) - Sumber energy merupakan energy yang diperlukan dalam system kerja, Sumber energy pada pneumatic adalah udara yang sudah dimampatkan (udara bertekanan), yaitu berasal dari compressor. Untuk mengatur tekanan udara yanga akan disalurkan pada system pneumatic digunakan alat yang namanya “Air Service Unit”. Fungsi dari Air Service Unit adalah mencegah debu, air yang dapat merusak keausan pada komponen-komponen sistem pneumatik, mencegah timbulnya kemacetan dan korosi pada peralatan pneumatik.
Air service unit merupakan kombinasi dari beberapa komponen untuk memberikan jaminan kualitas udara kempa pada sistem pnumatik, terdiri dari 3 komponen, yaitu:
• Compressed air filter
• Compressed air regulator
• Lubricating oil
Air Service Unit digambarkan sebagai berikut ini:
Filter udara berfungsi untuk menyaring, "bukan penyaring (pengeras suara) ya ..." Filter yang dimaksud adalah penyaring udara (angin) supaya udara yang masuk pada komponen lanjutan tidak tercemar partikel asing yang bisa merusak komponen yang lain seperti cylinder angin dan Solenoid. Filter ini terletak pada bagian terdepan dari sebuah sistem pneumatik, setelah udara di filter maka bagian selanjutnya adalah regulator. Berikut ini merupakan wujud dari Filret Udara.
Lalu ada juga Lubricator, yang mana komponen ini sama juga dengan bagian pelumasan, fungsi dari lubricator di (FRL) unit untuk memberikan pelumasan pada bagian-bagian pneumatik yang begerak seperti piston pada solenoid dan piston pada cylinder angin. Pelumas yang digunakan berupa oli dan yang paling direkomendasikan adalah oli dengan ISO VG 32 sampai dengan ISO VG68. Oli yang mengalir di pneumatik sistem bisa diatur sesuai kebutuhan dengan cara memutar bagian pengatur yang berada di atas lubricator , dan perhatikan berapa tetes yang keluar setiap menitnya di kaca (glass) tersebut. Untuk lebih jelasnya komponen lubricator bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Regulator atau bisa juga disebut dengan pengatur tekanan udara, seperti namanya maka fungsinya adalah untuk mengatur berapa tekanan udara dikehendaki dari pengguna pneumatik sistem, secara rata-rata atau "biasanya" tekanan yang digunakan sekitar 0,4 Mpa-0,6 Mpa atau dalam hitung lain yaitu 4 Bar - 6 Bar. Bentuk dari Regulator bisa dilihat pda gambar di bawah ini.
Filter udara berfungsi untuk menyaring, "bukan penyaring (pengeras suara) ya ..." Filter yang dimaksud adalah penyaring udara (angin) supaya udara yang masuk pada komponen lanjutan tidak tercemar partikel asing yang bisa merusak komponen yang lain seperti cylinder angin dan Solenoid. Filter ini terletak pada bagian terdepan dari sebuah sistem pneumatik, setelah udara di filter maka bagian selanjutnya adalah regulator. Berikut ini merupakan wujud dari Filret Udara.
Lalu ada juga Lubricator, yang mana komponen ini sama juga dengan bagian pelumasan, fungsi dari lubricator di (FRL) unit untuk memberikan pelumasan pada bagian-bagian pneumatik yang begerak seperti piston pada solenoid dan piston pada cylinder angin. Pelumas yang digunakan berupa oli dan yang paling direkomendasikan adalah oli dengan ISO VG 32 sampai dengan ISO VG68. Oli yang mengalir di pneumatik sistem bisa diatur sesuai kebutuhan dengan cara memutar bagian pengatur yang berada di atas lubricator , dan perhatikan berapa tetes yang keluar setiap menitnya di kaca (glass) tersebut. Untuk lebih jelasnya komponen lubricator bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Regulator atau bisa juga disebut dengan pengatur tekanan udara, seperti namanya maka fungsinya adalah untuk mengatur berapa tekanan udara dikehendaki dari pengguna pneumatik sistem, secara rata-rata atau "biasanya" tekanan yang digunakan sekitar 0,4 Mpa-0,6 Mpa atau dalam hitung lain yaitu 4 Bar - 6 Bar. Bentuk dari Regulator bisa dilihat pda gambar di bawah ini.
***
Tag :
Pneumatic
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Air Service Unit (Filter Regulator Lubricator)"
Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !