Pengertian, Cara Kerja Shuttle Valve atau Katup OR Pada Pneumatik


Pengertian, Cara Kerja Shuttle Valve atau Katup OR Pada Pneumatik -  Sistem Pneumatik dalam dunia industri manufaktur merupakan awal dari semua proses mekanik atau manipulasi gerakan yang menggunakan tenaga udara kempa (Udara bertekanan). Dalam sistem pneumatik udara kempa akan memindahkan suatu gaya atau gerakan. Sistem pneumatik meliputi semua komponen mesin atau peralatan, yang beroperasi secara pneumatik atau menggunakan proses-proses pneumatik (proses udara bertekanan). Udara bertekanan dalam peranannya sebagai unsur penggerak merupakan bagian utama yang harus mendapatkan perhatian lebih banyak. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu komponen pneumatik yang berperan penting dalam mengatasi siklus gerbang logika yaitu katup OR atau biasa juga disebut dengan Shuttle valves. Pada Gambar dibawah ini merupakan simbol dari komponen tersebut dan bentuk fisiknya.



Seperti yang kita ketahui hatup ini sangat berperan dalam menjalani siklus gerbang logika pada rangkaian pneumatik, ada banyak siklus yang bisa dipecahkan menggunakan katup selain Two pressure Valve yaitu katup OR atau biasa disebut dengan Shuttle Valve. Pada pembahasan ini saya ingin menjelaskan  mengenai simbol dari katup ini seperti pada gambar di bawah ini.


Pada gambar simbol di atas terdapat 3 buah lubang yang mana 2 lubang input dan 1 lubang output. kemudian terdapat simbol seperti "kurang dari" dan gambar lingkaran yang artinya pada saat tekanan du berikan dari salah satu sisi maka bola / lingkaran tersebut bergerak untuk menutup salah satu lubang input. begitulah dasar kenapa simbol tersebut di ciptakan. 

Katup ini mempunyai dua masukan dan satu keluaran. Jika udara dialirkan melalui lubang pertama (Y), maka kedudukan seal katup menutup lubang masukan yang lain sehingga sinyal dilewatkan ke lubang keluaran (A). Ketika arah aliran udara dibalik (dari A ke Y), silinder atau katup terhubung ke pembuangan. Kedudukan seal tetap pada posisi sebelumnya karena kondisi tekanan.

Katup Fungsi "ATAU" dengan input Y

Katup Fungsi "ATAU" dengan Input X
Katup ini disebut juga komponen fungsi “ATAU”. Jika silinder atau katup kontrol dioperasikan dari dua tempat atau lebih, katup ganti bisa digunakan. Pada contoh berikut menunjukkan sebuah silinder yang diaktifkan dengan menggunakan sebuah katup OR atau Shuttle Valve dengan menggunakan simulasi dari aplikasi FESTO.

Bisa di lihat gambar di atas adalah penerapan dari hatup or atau Shuttle Valve, terdapat 4 buah komponen yang mana 1 buah silinder kerja tunggal (Single Acting Valve) lalu ada Shuttle Valve dan 2 buah katup 3/2 NO pengaktif tombol pembalik pegas.

Pada gambar di atas merupakan pergekan silinder kerja tunggal aktif (Maju) karena tombol 1S1 aktif dan mengalirkan supply angin ke katup OR (Shuttle Valve).


Pada gambar di atas selanjutnya merupakan pergekan silinder kerja tunggal aktif (Maju) karena tombol 1S2 aktif dan mengalirkan supply angin ke katup OR (Shuttle Valve).

***
Tag : Pneumatic
0 Komentar untuk "Pengertian, Cara Kerja Shuttle Valve atau Katup OR Pada Pneumatik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top