Pengertian Pressure Relief Valve pada Hidrolik


Pengertian Pressure Relief Valve pada Hidrolik - Hidrolik merupakan sistem pentransmisian dan pengendalian gaya dan gerakan dengan media fluida tak mampu mampat. Untuk penggunaannya, biasanya hidrolik digunakan untuk mesin perkakas, pembangkit tenaga, kendaraan, pesawat terbang, kapal laut, pesawat angkat dan alat berat, militer, dan lain sebagainya. Disamping kegunaan dari hidrolik terdapat keuntungan dan kerugian yang bisa kita dapat, antara lain yaitu: 

Keuntungan : mampu memindahkan gaya sangat besar dengan komponen kecil yang dapat diatur dan dikendalikan, flesibel untuk berbagai manuver pada beban minimum dan maksimum (gerak maju mundur piston & gerak bolak balik putaran hidromotor), fluida sekaligus bertindak sebagai pelumas, dapat bersinergi dengan sistem : pneumatik, mekanik, elektrik maupun elektronik.

Kerugian : fluida bertekanan tinggi membahayakan, mudah kotor.

Pengertian Pressure Relief Valve (Katup Pengaman)
Pressure Relief valve atau biasa disebut dengan Regulator Valve merupakan Katup yang berfungsi untuk mengurangi suatu tekanan input atau tekanan kerja menjadi tekanan tertentu. Katup jenis ini digunakan jika dalam satu rangkaian sistem hidrolik terdapat perbedaan kebutuhan tekanan bagi setiap aktuatornya. Semisal pada aktuator yang pertama berfungsi sebagai pendorong benda kerja saja, sedangkan aktuator yang kedua berfungsi sebagai alat stamping. Jadi kebutuhan tekanan antara aktuator pertama dan aktuator yang kedua otomatis berbeda, aktuator yang pertama tidak membutuhkan tekanan yang terlalu besar untuk menampungnya, karena hanya sebagai pendorong saja. Sedangkan aktuator yang kedua membutuhkan tekanan yang lebih besar, karena berfungsi sebagai pencetak.

Karena pada dasarnya katup ini disebut sebagai katup pengaman, jadi komponen hidrolik yang satu ini merupakan komponen yang wajib ada dan terpasang dalam setiap sistem hidrolik yang dirangkai. Untuk mengetahui lebih detail mengenai katup ini saya akan memberikan contoh gambaran dari simbol katup tersebut. berikut ini contoh katup dari Pressure Relief Valve



Untuk peletakan dari Pressure Relief Valve biasanya diletakkan setelah power unit, jadi pada saat power unit memberikan tekanan oli / sumber, maka tugas pressure relief valve sebagai pengaman tekanan kembali pada rangkaian supaya power unit tidak cepat rusak akibat dari tekanan balik dari rangkaian. Untuk peletakannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Sebenarnya komponen ini memilikiberbagai macam bentuk dan tipe, Mungkin bisa di jadikan referensi kepada rekan rekan mengenai tipe dan bentuk dari pressure relief valve pada gambar di bawah ini.

Gambar di atas merupakan salah satu contoh dari bentuk fisik pressure relief valve, mungkin dari setiap manufaktur memiliki perbedaan bentuk untuk menyesuaikan kebutuhan yang ada. Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat, Terimakasih

***




Tag : Hydraulic
0 Komentar untuk "Pengertian Pressure Relief Valve pada Hidrolik"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top